Tentang PPID

Keterangan Gambar : 23PPID.png


PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Kabupaten Tangerang dibentuk berdasarkan pada Peraturan Bupati Tangerang No. 042/Kep-481-Huk/2011 tentang PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG.

Adapun tugas PPID adalah :

  1. penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan informasi;
  2. pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku;
  3. pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana;
  4. penetapan prosedur operasional penyebarluasan Informasi Publik;
  5. pengujian konsekuensi;
  6. pengklasifikasian informasi dan/ atau pengubahannya;
  7. penetapan informasi yang dikecualikan yang telah habis  jangka waktu pengecualiannya sebagai Informasi Publik yang dapat diakses; dan penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebdjakan yang  diambii untuk memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada  masing-masing Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Direktur Utama BUMD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam hal ini dipermaklumkan agar pemohon informasi public dapat memilah informasi yang diinginkan sehingga dapat menghubungi PPID di SKPD masing-masing.  Sebagai contoh, bila pemohon informasi public menginginkan informasi public dengan isu lingkungan hidup, maka dapat menghubungi PPID yang berada di Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tangerang.  Contoh lain, bila yang diinginkan adalah terkait KTP, Akta Kelahiran dan sejenisnya, maka dapat menghubungi PPID Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

Untuk lebih lengkapnya terkait dengan kedudukan PPID di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maka dapat dilihat di Peraturan Bupati Tangerang No. 042/Kep-481-Huk/2011.