ZAKI AJAK MASYARAKAT UNTUK BERKURBAN


ZAKI AJAK MASYARAKAT UNTUK BERKURBAN

Keterangan Gambar :


JAMBE - Dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 H Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dengan Ketua DPRD H. Mad Romli beserta kepala SKPD dan Camat Jambe melaksanakan Salat Idul Adha bersama warga Jambe sekaligus mengajak warganya untuk berkurban yang di Masjid Jami’atul Falah Kp. Sentul Desa Daru Kecamatan Jambe, Senin (12/9/2016).

Dalam sambutannya Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, Kegiatan berkurban ini merupakan upaya dari seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT melalui pengorbanan terhadap harta yang dicintainya. Dengan berkurban kita diajarkan untuk memiliki sikap kepedulian terhadap sesama, yaitu saling berbagi kepada saudara – saudara yang masih berada di bawah garis kemiskinan, inilah yang menjadi hikmah diperintahkannya berqurban bagi seluruh ummat muslim di dunia. Dengan meningkatnya kepedulian kita terhadap sesama, maka lambat laun akan semakin meningkat pula taraf kehidupan masyarakat sekitar.

Pada hari ini pula jutaan umat muslim dari penjuru dunia berkumpul di tanah suci untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, tak terkecuali saudara-saudara kita para jamaah haji dari Kabupaten Tangerang. Ibadah haji merupakan suatu ritual ibadah yang mengajarkan persamaan, tidak ada si kaya dan si miskin, kulit hitam atau putih, semua bertemu dan berkumpul dalam balutan kain ihram untuk sama-sama melaksanakan rukun haji.

“Semoga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini dapat dijadikan momentum untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga kita mampu bekerja dan berkarya untuk membangun diri masyarakat dan daerah kita Kabupaten Tangerang,” Tambah Zaki.

A. Zaki Iskandar menambahkan dengan berkurban kita diajarkan untuk memiliki sikap kepedulian terhadap sesama, saling berbagi kepada saudara-saudara kita yang masih berada di bawah garis kemiskinan inilah yang menjadi hikmah diperintahkannya berqurban bagi seluruh ummat muslim di dunia, serta dengan meningkatnya kepedulian kita terhadap sesama, maka lambat laun akan semakin meningkat pula taraf kehidupan masyarakat di sekitar kita.

IMG-20160912-WA0000_resizedYang bertindak sebagai Imam dan Khotib di Masjid Jami’atul Falah ialah KH. Yakub selaku Ketua DKM Dalam khutbahnya KH. Yakub menyampaikan, Hari raya Idhul Adha merupakan salah satu hari bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia, setiap kali memperingati hari raya Idul Adha, maka setiap kali pula terkenang kembali peristiwa penting yaitu kesanggupan Nabi Ibrahim AS yang bersedia kehilangan keluarga yang merupakan bagian yang paling berharga dalam hidupnya, serta kesabaran Nabi Ismail AS yang menerima ujian atas Perintah Allah SWT.

Sebuah peristiwa yang menggambarkan ujian atas ketaatan nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yang kini telah menjadi bagian dari tradisi umat Islam yang diterjemahkan dengan qurban yaitu penyembelihan hewan ternak seperti, sapi, kerbau, unta, kambing atau domba yang selanjutnya dibagikan kepada saudara – saudara yang membutuhkan sebagai bentuk ibadah dan keperdulian terhadap sesama manusia.

“jika kita mampu membudayakan sikap peduli terhadap sesama, maka bukan mustahil akan tumbuh rasa persaudaraan dan kebersamaan diantara masyarakat yang tentunya akan berimbas pada terciptanya kehidupan yang damai dan terhindar dari berbagai problematika sosial di kalangan masyarakat,” tutupnya.

Shalat Idul Adha 1437 H selesai sekitar pukul 07.40 WIB. Pelaksanaan salat berlangsung aman dan lancar. Usai shalat, Zaki meninjau hewan kurban yang akan disembelih di halaman Masjid. Ia juga turut menyumbangkan kurbannya di masjid ini berupa seekor Sapi. (Kwkw-Vicco-Redi-Febi/Hms).